Sabtu, 17 Januari 2009

LATAR BELAKANG BERDIRINYA

Usia 0-7 tahun merupakan masa emas balita. Aneka stimulasi yang diberikan pada masa balita itu akan meningkatkan daya pikir dan kreatifitas anak menurut kak seto, pakar pendidikan anak. Pada usia ini anak harus diberi stimulasi mental yang kaya namun tetap adalam suasana kondusif, misalnya tetap dengan kasih sayang dan suasana yang menyenangkan, anak di ajari mengenai nilai-nilai hidup yang positif.

Pendidikan Anak Usia Dini atau singkatnya PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan zaman dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dalam Pasal 28 Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bentuk satuan pendidikan anak usia dini dikelompokkan menjadi dua yaitu :

1. Jalur Pendidkan Formal

Terdiri atas penitipan anak 1 kelompok bermain dan satuan PAUD sejenis kelompok bermain dapat diikuti anak usia tiga tahun keatas, sedangkan penitipan Anakdan stuan PAUD sejenis diikuti anak sejak lahir atau usia tiga bulan.

2. Jalur pendidikan informal

Terdiri atas pendidikan yang diselenggarakan di keluarga dan dilingkungan. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya fakir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritul), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Tidak ada komentar: