Sabtu, 17 Januari 2009

ANAK DIDIK PAUD “TIANASARI” MENGIKUTI LOMBA

gambar. salah satu anak didik kelompok bermain PAUD "Tianasari" dengan serius mewarnai gambar yang telah disediakan oleh penitia lomba.

PALEMBANG – Lomba, mungkin kata tersebut sangat dikenal oleh semua kalangan. Kenapa tidak, lomba merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Banyak orang berpandangan ketika kita mengikuti sebuah lomba tentu kita akan berusaha dengan sebaik-baiknya hingga kita bisa mendapatkan sebuah tropy dan membuktikan diri. Namun bagaimana jika anak yang berusia 2-5 tahun mengikuti lomba seperti lomba mewarnai. Mungkin lucu, mungkin juga seru.

17 Agustus 2008 merupakan pertama kalinya Kelompok Bermain PAUD “TIANASARI”, mengikuti lomba mewarnai. ”Keberanian,” itulah yang di ajarkan oleh seorang pamong kepada anak didiknya. Dengan keberanian kita bisa menang, minimal menang dari sebuah ketakutan dan ketidakberanian Karena seorang anak yang masih berusia 2-5 tahun pasti masih ingin ditemani oleh ibunya.

Saat lomba dimulai, banyak beberapa ibu menemani anak-anaknya dan duduk dibelakang anaknya, tidak demikian dengan anak didik kelompok bemain PAUD Tianasari. Karena kepala sekolah PAUD Tianasari menghimbau kepada orang tua anak didiknya untuk tidak menemani anak-anaknya ketika lomba dimulai. Tujuannya agar anak tersebut bisa berani, bertanggung jawab, dan bisa menyelesaikan tugasnya tanpa bantuan orang lain karena setiap orang pasti bisa jika mau berusaha, Begitupun dengan anak-anak se-usia mereka.

Anak-anak didik mewarnai gambar yang telah disedikan, mereka mewarnai dengan penuh keseriusan. Tidak ada satupun anak didik PAUD Tianasari yang menangis ketika itu bahkan mereka mewarnainya dengan sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun saya melihat ada berbau kecurangan dalam lomba tersebut. banyak orang tua yang membantu bahkan memberi tahu warna apa saja yang diperlukan.

Ketika perlombaan diumumkan pemenangnya. Mungkin dia menang (anak yang dibantu orang tuanya), namun kami (anak didik PAUD ”TIANASARI”) lebih menang besar dari mereka Karena kejujuran, keberanian, kepercayaan, tanggung jawab terhadap apa yang harus dikerjakan dll, kami dapatkan. Walaupun bukan sebuah tropy yang kami raih, namun nilai-nilai tersebutlah yang sangat berarti dalam kemajuan seorang anak didik kami. Karena proses yang terjadi lebih berarti dari hasil akhir yang diraih. Dengan proses tersebut anak-anak lebih tahu makna arti sebuah lomba. Walaupun pada akhirnya mereka ingin sekali memegang tropy yang dilihat mereka. Namun suatu saat nanti pasti bisa, karena mereka masih muda.

Banyak kecurangan lain yang kami lihat, namun kami tidak berani mengungkap. Karena kami hanya bagian dari peserta yang hanya bisa menerima. Menerima hasil akhir yang telah diputuskan.

Tidak ada komentar: